Salah Merawat Stainless, Bikin Cepat Rusak

Facebook
Twitter
Pinterest
Tumblr
Reddit
LinkedIn
Telegram
WhatsApp

Stainless steel merupakan bahan dengan kemampuannya yang tahan terhadap korosi yang menyebabkan karat. Perawatan dari perabotan stainless steel juga terbilang mudah. Meski begitu perawatan jangka panjang yang salah bisa membuat perabotan stainless steel cepat rusak.

Stainless steel bisa rusak oleh bantalan abrasif, jenis pembersih yang salah, dan bahkan hal-hal biasa seperti air dan garam. Terlepas dari nama dan reputasinya, baja tahan karat ini bisa bernoda dan berkarat. Berikut kesalahan perawatan perabotan stainless steel yang berhasil dilansir dari Reader’s Digest, Selasa(11/6/2019).

  • Membersihkannya Saat Masih Panas

Menyiram panci dan wajan panas ke air dingin adalah cara yang bagus untuk membengkokkan atau memecahkan panci. Kejutan perbedaan suhu juga menyebabkan uap, yang bisa membakar tangan Anda. Berlatihlah dengan sedikit kesabaran dan biarkan panci mendingin sebelum mencoba membersihkannya.

  • Salah Menggunakan Saat Bersamaan Dengan Garam & Minyak

Mengasinkan air dalam panci stainless steel sebelum memanaskan air dapat menyebabkan lubang kecil karat pada permukaan. Ini kesalahan sederhana, tetapi tak dapat diabaikan begitu saja. Pencegahannya sederhana, biarkan air mendidih sebelum menambahkan garam. Berhati-hatilah untuk menambahkan sedikit demi sedikit garam karena menambahkan garam ke air mendidih bisa membuatnya lebih mendidih.

Jika Anda menggoreng dengan teknik “deep frying”, praktik yang umum adalah menuangkan minyak ke dalam panci atau wajan dingin, dan biarkan minyak dan panci panas bersama. Namun Anda tidak boleh melakukannya dengan wajan stainless steel. Logam mengembang saat memanas, biarkan wajan atau panci panas sebelum menuangkan minyak. Membiarkan wajan panas sebelum menambahkan minyak memberi Anda permukaan anti lengket yang lebih baik untuk dimasak, dan mencegah minyak agar tidak terbakar di permukaan.

  • Menggunakan Pembersih Yang Salah (Pemutih)

Jauhi pemutih klorin rumah tangga dan pembersih lain yang mengandung klorin atau klorida saat Anda membersihkan stainless steel. Pemutih dapat menodai dan merusak permukaan stainless steel. Tetap gunakan pembersih berbasis non-klorin agar stainless steel bersih tanpa khawatir terkikis.

Source article by : https://hot.liputan6.com/read/3987259/7-kesalahan-merawat-perabotan-stainless-steel-bikin-cepat-rusak

Scroll to Top
Scroll to Top
image/svg+xml Purchase